INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Kabupaten Indramayu sangat kaya akan adat istiadat leluhur yang hingga saat ini masih terus terpelihara. Warisan leluhur menjadi suatu nilai historis masyarakat, salah satunya yaitu Tradisi Unjungan.

Kali ini, Bupati Indramayu Nina Agustina hadir langsung ke Unjungan Mbah Buyut Ireng/ Welasri di Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang. Tradisi Unjungan sendiri yaitu ziarah dan berdoa kepada para leluhur yang sudah tiada, sekaligus sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Keberadaan Bupati Indramayu Nina Agustina menjadi sejarah tersendiri. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan Unjungan Buyut Ireng Panyindangan Wetan pada Sabtu, (27/7/2024) ini, baru pertama kali dihadiri seorang Kepala Daerah yakni Bupati Indramayu Nina Agustina yang dikenal sangat peduli terhadap nilai kesenian dan kebudayaan Kabupaten Indramayu.

“Baru pertama kali ini kegiatan Unjungan Buyut Ireng dihadiri Bupati, terima kasih sudah berkenan hadir bu,” pungkasnya.

Bupati Indramayu, Nina Agustina dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah akan selalu mendukung segala kepentingan masyarakat salah satunya kegiatan Unjungan Buyut Ireng dan diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga nilai warisan budaya ini hingga anak cucu.

Perhatian Bupati Nina Agustina dalam kesempatan itu diwujudkan dengan memberikan donasi untuk suksesnya kegiatan Unjungan Buyut Ireng sebesar 5 Juta Rupiah. Dalam kesempatan itu juga disalurkan santunan kepada anak yatim piatu secara simbolis.Pada kesempatan ini juga Bupati Nina Agustina memberikan mobil siaga pada Kuwu Desa Panyindangan Wetan, pemberian mobil siaga ini diharapkan dapat membantu berbagai keperluan masyarakat yang membutuhkan mobil terutama untuk hal yang bersifat penting dan segera.

“Semoga segala bantuan dan mobil siaga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Panyindangan Wetan yang membutuhkan. Sehat selalu untuk semuanya, semoga selalu diberikan keberkahan,” tambah Bupati Nina.

Sementara itu, Kuwu Desa Panyindangan Wetan, Nursidin, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Bupati Indramayu.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan mobil siaga, perbaikan jalan desa, dan irigasi persawahan. Kemudian, di tengah kesibukan ibu Bupati menyempatkan hadir, kami bangga punya Bupati yang memikirkan rakyatnya,” ucapnya.

Setelah itu, dilanjut dengan kirab budaya dan seni kreasi keliling desa yang menampilkan kesenian tradisional dan kreativitas masyarakat setempat.

Diberikan juga kenangan berupa karya hasil kreativitas masyarakat Panyindangan Wetan untuk Bupati Indramayu. Kegiatan ini juga membuktikan bahwa kekompakan serta gotong royong antar warga selalu terjaga. (Sofwan)