INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Dunia kerja sekarang ini dibutuhkan Sumber Daya Manusia ( SDM) yang berkualitas dan profesional, untuk hal tersebut diperlukan skill dan persiapan yang baik.

Untuk memenuhi SDM yang berkualitas Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Indramayu bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Mengemudi 2024, Rabu, (24/07/2024).

Acara tersebut dilaksanakan di kantor Disnaker Indramayu yang diikuti oleh para pengemudi (sopir) sebanyak 100 peserta yang berasal dari masyarakat Indramayu.

Adapun penyelenggaraan sertifikasi profesi tersebut kali ini diperuntukan kepada sopir angkutan keluarga, angkutan perkotaan dan angkutan khusus/tangki, kemudian juga akan dilanjutkan dengan profesi bidang lainnya.

Dijelaskan oleh Plt. Disnaker Indramayu Nonon Citra Wulandari melalui Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Transmigrasi Disnaker Rasito bahwa kegiatan tersebut bertujuan membantu para pekerja (sopir) Indramayu untuk mendapatkan pengakuan keahlian berupa sertifikat profesi, sehingga bisa bersaing dengan pekerja dari daerah lain.

Rasito menambahkan dengan mendapatkan Sertifikat Profesi dari BNSP para sopir Indramayu mendapatkan pengakuan profesional dan attitude yang baik sehingga dapat dengan mudah masuk di dunia kerja.

“Teknis pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari dua tahap yaitu sertifikasi teori di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Indramayu dan praktik bertempat di Sport Centre (SC) Indramayu dengan Asesor (Penguji Keahlian) langsung dari BNSP,” jelasnya.

Diketahui peserta yang lolos uji sertifikasi dalam kegiatan sertifikasi pengemudi tersebut akan mendapatkan Sertifikat Profesi mengemudi dari BNSP.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menguatkan dan menaikan skill dan kualitas para pekerja Indramayu untuk dapat bersaing bekerja dengan pekerja daerah lain.

Serta merupakan satu upaya memajukan, mensejahterakan dan realisasi dari visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Acara sertifikasi mengemudi BNSP dan Disnaker tersebut di hadiri oleh Direktur Lembaga Sertifikasi dan Profesi Transportasi Global Indonesia (LSPATGI) Jayadi, Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD) Indramayu, Camat, Organisasi Pekerja Indramayu, Staf Disnaker dan undangan lainya. (Sofwan)