INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Dalam upaya mendorong produktivitas pertanian sebagai lumbung padi nasional di Kabupaten Indramayu, Bupati Nina Agustina bersama Kementerian Pertanian RI membangun Irigasi Pompa (Irpom) guna memenuhi kebutuhan air petani.

Pembangunan Irpom tersebut salah satunya dilaksanakan di Desa Tegalurung Kecamatan Balongan melalui Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Litok Jaya.

Kuwu Desa Tegalurung, Abdullah mengatakan, dengan adanya bantuan Irpom tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan pengairan kepada petani sehingga tidak kesulitan air saat musim tanam berlangsung.

Bahkan Abdullah menyebut, dengan suplai air yang cukup, dipastikan para petani bisa melaksanakan musim tanam dua kali.

“Alhamdulillah saya atas nama Pemerintah Desa Tegalurung mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu Ibu Nina Agustina atas kepedulian terhadap para petani khususnya di desa kami yang biasanya masyarakat melakukan menanam padi hanya satu kali,” ujar Kuwu Desa Tegalurung, Senin (29/07/2024).

Abdullah menambahkan, air yang nantinya dihasilkan mesin pompa dapat mengaliri sawah yang berada di empat desa yakni Desa Tegalurung, Desa Singaraja, Desa Rawadalem dan Desa Balongan.

“Desa Tegalurung areal sawahnya ada sekitar 170 H dan lahan tersebut berdekatan dengan tapal perbatasan desa sehingga airnya bisa juga digunakan untuk mengairi beberapa desa tetangga yang berdekatan,” tambahnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Camat Balongan Opik Hidayat menyampaikan, pompanisasi berguna untuk meningkatkan produktifitas areal tanam yang sulit mendapatkan suplai air.

“Seperti saat musim kemarau datang, sawah tadah hujan, maupun lahan pertanian dengan kondisi tertentu yang membutuhkan bantuan pompa untuk mengalirkan air dapat terbantu dengan adanya bantuan ini,” ucapnya.

Opik Hidayat mengungkapkan, pemberian bantuan Irpom dan mesin pompa air merupakan wujud perhatian Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan di kecamatan balongan sendiri terdapat 6 desa yang mendapatkan bantuan Irpom tersebut.

“Program bantuan ini diharapkan jadi salah satu opsi Pemerintah melalui Kementan dan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam meningkatkan produktivitas pertanian guna mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia di tahun 2045 sesuai dengan arahan Menteri Pertanian,” pungkasnya.

Pembangunan Irpom tersebut turut dihadiri unsur Forkopimcam Balongan, Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu melalui BPP Balongan, Bhabinkamtibmas Polsek Balongan dan Babinsa Koramil Indramayu 1601 serta kelompok tani Desa Tegalurung. (Ade)