INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Sebagai upaya untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, Pemerintah Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu melakukan aksi Jumsih (Jumat Bersih). Jumat, (14/06/2024).

Dipimpin langsung oleh Kuwu (Kepala Desa) Pringgacala, Kodirin, seluruh perangkat desa dibantu masyarakat membersihkan aliran sungai dari sampah yang melintasi permukiman warga.

Kuwu Desa Pringgacala Kodirin mengatakan bahwa aksi kebersihan sungai dan kesehatan lingkungan ini merupakan upaya Pemerintah Desa Pringgacala untuk mewujudkan kawasan bebas sampah.

"Aksi bersih-bersih ini selalu kita lakukan setiap Jumat. Semuanya bergerak bersama menjaga lingkungan kita karena melihat kondisi sungai kita banyak sampah-sampah yang hanyut baik kiriman dari hulu maupun oknum yang membuang sampah ke sungai masih banyak," ungkapnya.


Kodirin menambahkan, aksi jumsih ini juga untuk memperlancar arus air menuju areal persawahan serta tidak menggenang yang dapat menjadi tempat perkembangbiakkan jentik-jentik nyamuk.

"Karena beberapa hari terakhir ini wilayah kita masih mengalami hujan meski telah memasuki musim kemarau," katanya.

Kodirin berharap, ada kepedulian dari masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai agar tetap bersih.

"Mulai dari diri sendiri karena tanpa kesadaran diri tentunya akan sulit untuk meninggalkan kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat atau di sungai ini," pungkasnya. (Red)