INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Luar biasa dan membanggakan, itulah ungkapan yang pantas disematkan bagi Kabupaten Indramayu.

Setelah sukses menjawab tantangan literasi menjadi juara umum tahun 2022, Kabupaten Indramayu berhasil memperoleh Juara Umum Literasi Nasional 2024 pada ajang Apresiasi dan Festival Literasi Tantangan Literasi Nusantara (Talenta) 2023-2024 yang digelar oleh Kelompok Kerja Gerakan Literasi Nasional, Siswa, Keluarga, dan Masyarakat Menulis dan Berliterasi Wujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, Literat dan Sejahtera (Pokja GLN Gareulis) Jawa Barat di Youth Center Sport Arcamanik Bandung, Sabtu (1/6/2024).

Piala Tetap Juara Umum Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat Tahun 2024 untuk Kabupaten Indramayu diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana M dengan didampingi kepala bidang pada DPA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) serta pengurus pokja GLN Gareulis Kabupaten Indramayu.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi dari Bupati Indramayu Nina Agustina kepada seluruh peserta talenta Kabupaten Indramayu.

Menurut Aan, peserta talenta merupakan pejuang tangguh yang telah berjuang melewati 10 tantangan satu per satu yang dipersyaratkan oleh GLN Gareulis Jabar hingga masuk kedalam nominasi dalam ajang apresiasi tersebut.

"Jadi mereka harus menyelesaikan tantangan satu per satu hingga tantangan ke 10 yang mana hal tersebut memerlukan konsistensi, semangat dan perjuangan yang gigih mengorbankan masa bermain mereka untuk membaca dan berliterasi baik di rumah, sekolah maupun harus datang ke perpustakaan, dan termasuk literasi digitalnya, jadi sesuatu yang sangat luar biasa ibu bupati mengapresiasi atas perjuangan mereka karena mereka bisa mengharumkan nama baik Indramayu," Ungkap Aan.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu juga mengatakan, prestasi yang diraih diharapkan dapat membangkitkan masyarakat serta berbagai pihak untuk terus bersinergi meningkatkan literasi terlebih di era digital saat ini.

Dengan demikian, meningkatnya literasi tersebut dapat mendorong meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diharapkan dapat membawa kesejahteraan masyarakat.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Nina yang selama ini telah mendukung gerakan literasi di Kabupaten Indramayu. Kami berharap para pejuang literasi ini dapat terus konsisten bahkan lebih banyak mengajak masyarakat untuk berliterasi, sehingga literasi meningkat, masyarakat sejahtera menuju Indramayu Bermartabat," Tambahnya.

Sementara itu, dijelaskan Ketua Pokja GLN Gareulis Kabupaten Indramayu, Lilis Yuningsih. Dalam ajang talenta 2023-2024, Kabupaten Indramayu berhasil menyabet 18 trofi kejuaraan dari berbagai kategori. (Ade)