INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Peningkatan layanan kesehatan masyarakat menjadi salah satu aspek yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu. Melalui program unggulan Dokter Masuk Rumah (Dok-Maru), pemerintah berupaya menghadirkan bentuk pelayanan kesehatan langsung ke rumah warga.

Hadirnya program Dok-Maru tersebut terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya R (54) warga Blok Pedati Desa Jatimulya Kecamatan terisi.

Diketahui, R sudah seminggu mengalami nyeri di bagian perut dan terdapat area yang bengkak pada muka.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dusun Pedati, Muhamad Hidayat berinisiatif meminta bantuan tim Dok-Maru dari Puskesmas Terisi untuk memeriksa keadaan warganya tersebut karena tidak memungkinkan untuk datang ke fasilitas kesehatan.

“Alhamdulillah dengan hadirnya Dok-Maru ini warga merasa terbantu, sehingga yang tidak memungkinkan dibawa ke puskesmas maka dari pihak puskesmasnya yang datang menyambangi warga,” ungkap Hidayat. Selasa (27/8/2024).

Hidayat menjelaskan, saat ini R sudah diberikan penanganan medis oleh tim Dok-Maru kemudian diberikan obat untuk dikonsumsi sambil melihat perkembangan kondisinya.

Adapun bila kondisinya masih belum membaik, Hidayat mengatakan tim Dok-Maru akan memberikan pendampingan kepada pasien untuk dibawa ke puskesmas/RSUD oleh tim Dok-Maru guna diperiksa dan diberikan perawatan lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat berharap program Dok-Maru dapat terus berjalan sehingga Masyarakat yang mengalami masalah kesehatan namun kondisinya tidak memungkinkan untuk dibawa ke fasilitas kesehatan bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan awal oleh tenaga kesehatan di kediamannya. (Tarudi)