INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Mandiri yang beralamat di Jl. Tegalagung Blok Tangsi RT.02 RW.02 Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2024 di SMK NU Kaplongan. Minggu, (25/08/2024).

Pelaksanaan ANBK ini berlangsung selama dua hari mulai dari Sabtu hingga Minggu 24-25 Agustus 2024 yang dimonitoring langsung oleh Penilik PAUD dan PNF Nanang Sukirno SPd.

Selama pelaksanaan ANBK, siswa terlihat serius mengerjakan soal-soal yang disajikan. Suasana yang kondusif membuat siswa merasa nyaman dan dapat mengerjakan soal dengan maksimal.

Ketua PKBM Mitra Mandiri, M Faruq Sobirin menjelaskan, bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun nonkognitif.

"Ini mencakup kemampuan literasi, numerasi, serta karakter siswa," ucapnya.

ANBK juga digunakan untuk menilai mutu dan kualitas lembaga pendidikan, baik di tingkat sekolah maupun madrasah.

"Ini membantu dalam mengevaluasi input, proses, dan output pembelajaran," ujarnya.

Dengan hasil dari ANBK ini, lanjut Iying sapaan akrab M Faruk Sobirin, sekolah dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

"Pelaksanaan berbasis komputer memungkinkan distribusi instrumen, pengelolaan data, dan pengolahan hasil yang lebih efektif dan efisien," paparnya.

Sehingga, ANBK ini sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di PKBM Mitra Mandiri. Hasilnya akan menjadi acuan bagi pengelola PKBM dalam memperbaiki proses pembelajaran.

"Dengan terselenggaranya ANBK ini, diharapkan PKBM Mitra Mandiri dapat terus meningkatkan kualitas pendidikannya dan melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di masa depan." Pungkasnya. (Abdul Jaelani/ Red)