INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, Iksaka (Ikatan Santri dan Alumni Kapringan) Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu menggelar Tabligh Akbar dan Kapringan Bersholawat di lapangan bola Desa Kapringan Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa barat. Sabtu, (10/08/2024).

Kegiatan Kapringan Bersholawat ini menghadirkan Habib Muhammad bin Yahya dan Habib Alwi Zahir Muhammad Al Habsyi dari Pekalongan serta diiringi grup Hadroh Babul Musthofa.

Tampak hadir juga Pengasuh Ponpes Salaf An-Nur yang merupakan Ketua Jatman (Jam'iyah Athlut Thoriqoh Al Mu'tabaroh An-Nahdliyah) Kabupaten Indramayu KH Faridh Ashr Wadhr, Ketua PCNU Kabupaten Indramayu KH Mustofa, Camat Krangkeng H Suminta SSos, Muspika dan Kuwu se-Kecamatan Krangkeng dan lainnya.

Kapringan Beraholawat ini pun disambut antusias ribuan jamaah dari berbagai daerah. Mulai dari Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, Brebes, Pekalongan Jawa Tengah dan daerah lainnya.

Panitia sekaligus Penasehat Iksaka, Ustadz Syarif Hidayatullah dalam sambutannya mengatakan, Kapringan Beraholawat yang digelar Iksaka dengan bertemakan 'Sholawat Kemerdekaan' ini, merupakan wadah silaturahim serta momentum ukhuwah antar ulama dan Umaroh yang saling bersinergi pada posisinya masing-masing. Di mana Umaroh menciptakan keteraturan, kedisiplinan dan kenyamanan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sedangkan ulama memberikan suri tauladan dan nilai-nilai Budi pekerti yang luhur.

"Sebagai implementasi dari dawuh Nabi Muhammad SAW, saya diutus ke muka bumi hanya untuk memperbaiki dan menyempurnakan ahlak," katanya.

Sementara itu, Camat Krangkeng H Suminta SSos mengapresiasi kegiatan Kapringan Bersholawat yang digelar oleh Iksaka. 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yang dapat menjadikan momentum bersilaturrahmi yang baik antara pemerintah dan ulama serta seluruh elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Krangkeng," ujarnya.

Ia juga mengajak para hadirin untuk bisa memanfaatkan kegiatan ini sebagai sarana untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Acara keagamaan seperti ini diharapkan menjadi slaah satu kegiatan peningkatan nilai-nilai keimanan dalam bersholawat khususnya di Kecamatan Krangkeng." harapnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Kapringan Durma mengucapkan terimakasih kepada Iksaka yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan seluruh masyarakat Desa Kapringan yang telah hadir dan menyukseskan Kapringan Bersholawat.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Desa Kapringan merasa bangga sekali dengan kegiatan ini. Semoga selalu diberi kebaikan terhadap masyarakat Indramayu khususnya masyarakat Desa Kapringan." Pungkasnya. (Sofwan)