INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu (Polindra), khususnya di Jurusan Teknik Mesin Program Studi D3 Teknik mesin dan D4 Perancangan Manufaktur, sudah selesai laksanakan  Tugas Akhir Mahasiswa. Pihak Polindra memberikan bimbingan hingga mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Ketua Prodi dan Kordinator D4 Perancangan Manufaktur, Mohamad Azwar ST MT, menjelaskan, proses pelaksanaan Tugas Akhir mahasiswa D3 Teknik mesin dan D4 Perancangan Manufaktur Mahasiswa Polindra, sejak awal masuk kampus sudah disiapkan dosen pembimbing.

"Alhamdulillah untuk tahap minggu sekarang pelaksanaan Tugas Akhir Mahasiswa sudah selesai dilaksanakan, berjalan lancar dan baik," tutur Azwar kepada media, Selasa 27 Agustus 2024.

Azwar memaparkan, pada Tugas Akhir mahasiswa, akan diberikan bimbingan dari dosen, untuk menentukan tema atau topik yang tepat, termasuk kecocokan bagi mahasiswa tersebut.

"Ada tawar menawar apa dosennya punya tema atau topik yang ingin ditawarkan kepada mahasiswa, nanti kami kerjain ini, tapi nanti tergantung mahasiswanya mau atau tidak, kalau mahasiswanya sudah cocok, maka mahasiswa tersebut akan membuat sesuai keinginanya sendiri," papar Azwar.

Seperti contohnya, lanjut Azwar, mahasiswa bisa berkreasi untuk membuat alat sesuai tema dan topik, diantaranya seperti Troly, mesin pengaduk tahu, pencacah rumput, pengering cabe, dan yang lainnya.

"Sesuai dengan desain yang di buat, dan setelah selesai melaksanakan tugas akhir mereka harus menulis dengan membuat laporan dan membuat tugas akhir agar mereka bisa membuat laporan yang sistematis.Tujuanya Kami supaya bisa mengevaluasi," jelas Azwar.

Untuk proses penguji, kata Azwar, tergantung Dldosen pembimbingnya masing-masing, karena seorang dosen mempunyai karakter yang berbeda-beda.

"Ada yang khusus melihat bagian gambar, ada yang melihat rumusan dan persolanya dulu. Jadi sesuai dengan karakteristik dosenya. Untuk target mahasiswa, kalau mereka membuat alat maka pekerjaan alat tersebut harus selesai," kata Azwar menerangkan.

Pihaknya juga mengharapkan kepada mahasiswa, setelah lulus agar bisa langsung mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan bisa membangun kemampuan mereka di dunia industri untuk meniti karir dan sukses.

"Mudah-mudahan lulusan dari Polindra kuhsusnya di D3 Teknik mesin dan D4 Perancangan manifaktur Banyak manfaatnya untuk masyarakat," pungkasnya. (Sofwan)