INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- PKBM An-Nahdiyah kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang sukses digelar selama dua hari, yakni pada Sabtu dan Minggu, 24-25 Agustus 2024.

Kegiatan ANBK yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Islam Al Mu'ammilin Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu itu, berjalan dengan lancar sesuai rencana yang dijadwalkan.

Dalam pelaksanaan ANBK ini, mendapat kunjungan dari Penilik PNF Kecamatan Karangampel, Nanang Sukirno SPd. 

Kehadirannya memberikan pengawasan agar seluruh prosedur dan standar pelaksanaan ANBK berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Ketua PKBM An Nahdiyah, Dasuki menjelaskan, pelaksanaan ANBK ini merupakan bagian dari evaluasi yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Ini dilakukan sebagai langkah untuk mengukur kualitas pendidikan dan efektivitas pembelajaran Warga Belajar (WB) PKBM An-Nahdiyah," ungkapnya. Minggu, (25/08/2024).

Pada ANBK ini, Dasuki memberikan arahan kepada WB untuk mempersiapkan diri dengan baik, belajar maksimal dan mengisi soal-soal asesmen dengan percaya diri dan tenang.

“Kami sangat bersyukur pelaksanaan ANBK ini berjalan lancar tanpa hambatan. Hal ini tidak lepas dari persiapan yang matang," ujarnya.

Pihaknya berharap, hasil asesmen ini dapat memberikan gambaran yang objektif mengenai kemampuan WB dan menjadi pijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PKBM An-Nahdiyah. 

"ANBK 2024 di PKBM An-Nahdiyah ini menjadi bukti bahwa pendidikan nonformal terus berupaya melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak lulusan yang berdaya saing tinggi yang tidak kalah dengan pendidikan formal," Pungkasnya. (Abdul Jaelani/ Red)