INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Puluhan warga yang tersebar di wilayah Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, memperoleh ijazah pendidikan kesetaraan Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA) berkat program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina yakni Kejar Paket (Ja-Ket).

Lulusan tahun pelajaran 2023/2024 ini mendapatkan Ijazah setelah melalui proses pembelajaran dan ujian yang diselenggarakan oleh PKBM Sekar Tanjung Desa Tanjungpura Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.

Pembagian ijazah bagi lulusan pendidikan kesetaraan itu dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Jumat (25/10/2024).

Ijazah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Camat Juntinyuat, Rusyad Nurdin ST MSi didampingi Kepala PKBM Sekar Tanjung, Ani Fiktoroyani SPd Gr dan disaksikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Hj Emilia Kusnandar SPd MM, Kasi Kesos Kecamatan Juntinyuat, Kuwu, Tutor PKBM Sekar Tanjung dan undangan lainnya.

Camat Juntinyuat, Rusyad Nurdin ST MSi mengapresiasi kepada Warga Belajar (WB) lulusan PKBM Sekar Tanjung yang telah menunjukkan semangat luar biasa dalam menyelesaikan pendidikan di tengah berbagai tantangan. Selain itu, keberhasilan inipun tak lepas dari program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina yakni Kejar Paket (Ja-Ket).

"Program Ja-Ket ini adalah sebuah konsep luar biasa yang mampu menjaring masyarakat Juntinyuat yang belum menamatkan pendidikan formal SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA agar masuk menjadi peserta didik Paket A, B, dan C secara gratis," ujarnya.

Ia menekankan pentingnya pendidikan nonformal sebagai jalur yang setara dan membuka peluang bagi siapa pun untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Pendidikan kesetaraan ini bukanlah akhir, melainkan awal dari langkah-langkah berikutnya. Saya berharap para lulusan dapat terus mengembangkan diri dan bekerja sama untuk memberikan warna dalam membangun dan memajukan Juntinyuat," ujar Rusyad yang baru 7 bulan jabat Camat Juntinyuat.

Sementara itu, Kabid PAUD dan PNF Disdik Kabupaten Indramayu, Hj Emilia Kusnandar SPd MM menilai Kepala PKBM Sekar Tanjung sebagai kepala PKBM inspiratif. "Saya ucapkan selamat kepada ibu Ani sebagai Kepala PKBM inspiratif," ujarnya.

Menurutnya, maju mundurnya sebuah lembaga, tergantung pada wajah kepala sekolah. "Artinya, bagaimana kepala PKBM ini bisa membawa atau menahkodai PKBM Sekar Tanjung. Ini juga menjadikan bunda terinspirasi oleh seorang perempuan yang menjadi Kepala PKBM," katanya.

Ia juga memberikan motivasi kepada Warga Belajar lulusan PKBM Sekar Tanjung agar tetap semangat meskipun mengenyam pendidikannya di lembaga nonformal.

"Walaupun terdapat perbedaan (pendidikan formal dengan nonformal), tetapi kita tetap semangat. Karena Paket A,B,C sama kedudukannya dan mempunyai hak yang sama dengan sekolah formal SD, SMP, SMA," tuturnya.

Sementara itu, Kepala PKBM Sekar Tanjung, Ani Fiktoroyani SPd Gr menyampaikan selamat kepada para lulusan yang dinyatakan berhak memperoleh ijazah pendidikan kesetaraan.

"Penyerahan ijazah untuk Paket B (setara SMP) sebanyak 8 orang dan paket C sebanyak 36 orang. Sementara yang belum diserahkan ijazahnya ada 33 orang, karena belum selesai secara administrasi yakni belum melakukan sidik jari dan belum mengumpulkan foto," jelasnya.

Ani berpesan kepada para lulusan, agar bisa menjaga ijazahnya dengan baik dan bisa bermanfaat.

"Yang Paket C, selamat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk melamar pekerjaan dan yang paket B mari melanjutkan kembali bersama PKBM Sekar Tanjung," katanya.

"Harapannya, dengan semakin banyak lulusan pendidikan kesetaraan maka angka putus sekolah semakin menurun dan berdampak pada peningkatan index kualitas sumber daya manusia." pungkasnya. (Red)